Beragam Manfaat Jus Brokoli untuk Kesehatan

Manfaat Jus Brokoli

infomanfaat.com – Brokoli adalah satu jenis sayuran yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Sayuran dengan bentuk dan rasa yang khas ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai bahan makanan seperti tumis, sup, dan lain-lain. Di balik kekhasannya itu, ternyata sayuran yang bernama latin Brassica oleracea ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan kita. Hal ini dimungkinkan karena sayuran ini memiliki kandungan vitamin yang cukup kaya diantaranya adalah vitamin A, vitamin E, vitamin C dan juga asam folat. Walaupun kandungan tersebut juga terdapat pada jenis sayuran lain, brokoli memiliki keunggulan terutama kandungan vitamin A yang terdapat pada brokoli ternyata juga merupakan antioksidan yang lebih baik dibandingkan jenis sayuran yang lain.

Satu hal penting yang perlu diingat, manfaat dari kandungan-kandungan tersebut hanya dapat dimaksimalkan jika kita mampu memilih dan mengolah sayuran ini dengan baik. Brokoli yang kita pilih sebaiknya juga memiliki bebarap ciri khusus diantaranya warnanya yang hijau gelap dengan tekstur yang cukup kasar. Selain itu, kita tidak dapat begitu saja menggunakannya untuk sayuran tumis atau makanan lain untuk mendapatkan manfaat secara utuh. Salah satu cara untuk mengoptimalkan manfaat brokoli adalah dengan cara menjadikannya sebagai jus. Ya, jus brokoli dapat dijadikan alternatif sebagai bagian dari pola hidup sehat kit. Berikut sedikit ulasan mengenai manfaat jus brokoli.

  • Baik untuk Kesehatan Kulit

    Kombinasi vitamin A, C, dan E maupun zat lain pada brokoli ternyata mampu memberikan efek positif bagi kesehatan kulit kita. Kandungan antioksidan yang terdapat pada brokoli memiliki fungsi penting untuk melindungi tubuh dari sengatan sinar matahari terutama sinar ultra violet. Selain itu, zat antioksidan yang juga dikenal sebagai sulfoeraphane ini memiliki fungsi sebagai pencegah perkembangan tumor.

  • Baik untuk Kesehatan Lambung

    Selain untuk kulit, jus brokoli juga bermanfaat untuk menyehatkan lambung. Hal ini disebabkan oleh kandungan fivonoid dan fiber yang terdapat pada sayuran ini untuk memperlancar proses pencernaan. Hasilnya, gangguan seperti maag, sembelit, infeksi lambung, dan bahkan kangker dapat dihindari dengan mengkonsumsi jus brokoli secara teratur.

  • Baik sebagai Anti Kanker

    Mungkin hal inilah yang menjadi alasan kenapa kita dianjurkan untuk mengkonsumsi jus brokoli secara teratur. Berbagai studi telah dilakukan terkait kandungan dan manfaat jus brokoli. Salah satu yang paling penting adalah kandungan anti kanker yang dimiliki brokoli ternyata mampu mengurangi resiko kanker bagi orang yang meminumnya.

  • Mengatasi Diabetes

    Bagi siapapun yang memiliki resiko diabetes, manfaat jus brokoli yang lain adalah sebagai bahan yang dapat memperbaiki kerusakan sel pembuluh darah pada penderita diabetes. Sulforaphane pada brokoli mampu memulihkan kerusakan pembuluh darah akibat kandungan gula yang terlalu tinggi. Selain manfaat jus brokoli yang telah disebutkan di atas, masih ada beberapa manfaat lain seperti mengurangi resiko Alzheimer dan lain sebagainya.

Pertanyaan yang mungkin muncul adalah mengapa harus jus? Penjelasannya cukup sederhana, seperti yang telah sedikit dijelaskan di atas, manfaat dari brokoli hanya bisa optimal jika kita mengolahnya dengan benar. Jika kita memanfaatkan sayuran ini sebagai bahan masakan, kandungan vitamin dan yang lainnya terutama sulforaphane akan mengalami penurunan khasiat akibat proses pemanasan. Dengan cara dijadikan sebagai jus, kandungan-kandungan yang berkhasiat tersebut akan tetap terjaga sehingga semuanya masuk ke dalam tubuh. Tentu kita harus mencucinya terlebih dahulu dengan cara membilas pada kran air dingin sebelum kita memasukkannya pada blender dan menikmati manfaat jus brokoli tersebut. Selamat mencoba.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>