Manfaat Ginkgo Biloba dan Kontroversinya

Manfaat Ginkgo Biloba
sumber: bebeja.com

infomanfaat.com – Anda mungkin tidak asing dengan ginkgo biloba. Pada beberapa tayangan iklan dari produk suplemen makanan, ginkgo biloba dikatakan memiliki manfaat penting untuk meningkatkan konsentrasi. Hal ini yang kemudian mempopulerkan ginkgo biloba bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Ginkgo sendiri merupakan tanaman yang berasal dari China dan telah digunakan sebagai bahan obat-obatan tradisional selama ribuan tahun. Pohon ginkgo merupakan pohon yang dapat tumbuh besar dan tinggi hingga mencapai puluhan meter. Daun ginkgo sendiri memiliki bentuk khas menyerupai daun suflir yang berbentuk mirip dengan kipas.

Ginkgo biloba dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Tidak heran jika ginkgo biloba saat ini cukup banyak digunakan sebagai salah satu bahan pokok dari produksi suplemen makanan. Nah, berikut beberapa manfaat ginkgo biloba yang perlu anda ketahui.

Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Manfaat ginkgo biloga yang satu ini mungkin menjadi yang palin populer khususnya bagi masyarakat Indonesia. Kandungan ginkgo biloba dipercaya mampu memperlancar aliran darah ke otak sehingga kerja otak akan lebih optimal. Hal ini dimungkinkan mengingat suplai oksigen menuju ke otak akan terpenuhi bersamaan dengan lancarnya aliran darah. Namun, belum ada penelitian yang dapat membuktikan manfaat ini secara nyata.

Mencegah Alzheimer

Masih terkait dengan fungsi ginkgo biloba dalam meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, ekstrak tanaman yang satu ini juga dipercaya mampu mencegah Alzheimer bagi orang yang mengkonsumsinya. Kandungan ginkgo biloba sendiri diharapkan mampu menjadi satu alternatif pilihan untuk pengobatan Alzheimer mengingat penyakit yang satu ini masih merupakan PR besar bagi dunia kesehatan.

Mengatasi Impotensi

Kemampuan ginkgo biloba dalam memperlancar aliran darah juga dipercaya dapat membantu mengembalikan fungsi er*ksi pada pria dengan impotensi. Impotensi sendiri disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk dari dan menuju al*t v*tal pria. Dengan mengonsumsi ekstrak ginkgo biloba, sirkulasi darah akan kembali normal sehingga impotensi mampu diatasi secara bertahap.

Manfaat Ginkgo Biloba

sumber: bebeja.com

Hati-hati dengan Penggunaan Ginkgo Biloba!

Selain tiga manfaat ginkgo biloba di atas, masih banyak manfaat lain yang dipercaya dapat diambil dari ginkgo biloba seperti mengatasi depresi, strok dan masalah kesehatan lain yang memiliki keterkaitan dengan terganggunya aliran darah di dalam tubuh.

Namun, di luar manfaat ginkgo biloba yang telah banyak dipercaya oleh masyarakat di dunia, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait dengan efek samping atau bahkan resiko yang mungkin ditimbulkan oleh tanaman yang satu ini.

Beberapa laporan terkait penggunaan ginkgo biloba menyebutkan bahwa konsumsi ekstrak tanaman ini dapat menyebabkan perasaan mual dan pusing. Selain itu, klaim bahwa ginkgo biloba bermanfaat untuk mengingkatkan konsentrasi dan daya ingat masih belum dapat dibuktikan secara ilmiah. Artinya, mungkin saja hal tersebut benar mengingat tanaman ini telah dibercaya dalam jangka waktu yang lama. Tapi, bisa jadi kandungan ginkgo biloba hanya merupakan pendukung dari kandungan-kandungan lain yang ada pada suplemen yang saat ini banyak beredar.

Sebagai langkah antisipasi terkait penggunaan ginkgo biloba, disarankan bagi anda yang ingin mengkonsumsi produk dengan kandungan ginkgo biloba untuk menghubungi dokter atau praktisi medis terlebih dahulu. Hal ini diperlukan untuk menghindari potensi resiko yang bisa jadi berbeda untuk masing-masing individu.

Sebagai catatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia pernah melayangkan teguran bagi produsen suplemen yang mengandung ginkgo biloba agar mencantumkan keterangan mengenai efek samping dari ginkgo biloba. Hal ini didasari oleh belum adanya referensi pasti mengenai ginkgo biloba. Oleh karenanya, jika anda tertarik dengan manfaat ginkgo biloba dan ingin mengkonsumsi produk yang mengandung ginkgo biloba, sebaiknya anda membatasi konsumsinya dan segera menghubungi dokter jika anda merasakan gejala kurang nyaman setelah penggunaan suplemen tersebut. Semoga bermanfaat.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>