Latihan Tabata dan Manfaatnya untuk Membentuk Tubuh Ideal

Latihan Tabata
sumber: sparkpeople.com

infomanfaat.com – Jika anda satu dari sekian banyak orang yang sedang berupaya untuk menurunkan berat badan atau menjaga bentuk badan anda tetap ideal, anda tentu setuju bahwa upaya tersebut bukanlah sesuatu yang mudah. Diperlukan motivasi, usaha yang keras, dan komitmen tinggi untuk memperoleh hasil yang maksimal. Selain itu, gaya hidup dan pola makan yang baik dan teratur juga merupakan kunci utama untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Walaupun banyak produk yang menjanjikan bentuk tubuh ideal tanpa usaha yang keras dengan hasil yang dapat terlihat dalam waktu singkat beredar, peluang anda untuk sukses juga perlu dipertanyakan. Intinya, tidak ada cara instan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang indah. Kalaupun ada, anda mungkin harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar dan resiko buruk di masa yang akan datang.

Olah raga merupakan satu upaya yang direkomendasikan oleh semua ahli jika anda berniat untuk mengembalikan atau mempertahankan bentuk tubuh indah. Dari sekian banyak jenis olah raga, hanya ada beberapa yang benar-benar terbukti secara ilmiah dapat membantu anda dalam usaha memperindah bentuk tubuh. Salah satu yang telah terbukti adalah latihan Tabata.

Mengenai Latihan Tabata

Latihan Tabata memang tidak terlalu populer di Indonesia. Namun, di beberapa negara lain, sebut saja negara tetangga Malaysia, latihan yang dikembangkan oleh peneliti asal Jepang, Dr. Izumi Tabata pada tahun 1996 lalu ini memiliki penggemar yang cukup besar. Selain di Malaysia, latihan ini juga telah diakui keefektifannya di dunia internasional terbukti dengan adanya aplikasi khusus bernama Tabata Timer Pro untuk pengguna Android yang dapat diunduh dari Google Play.

Latihan Tabata

sumber: sparkpeople.com

Tidak ada gerakan khusus yang perlu anda pelajari jika ingin melakukan latihan ini. Fokus latihan Tabata terletak pada interval latihan yang cukup singkat dengan intensitas yang tinggi. Latihan ini memiliki empat interval dengan total waktu 16 menit. Setiap interval memiliki total waktu 4 menit yang terdiri dari 8 kali pengulangan.

Anda memulai latihan Tabata dengan pemanasan terlebih dahulu. Setelah itu, anda dapat memulai interval pertama dengan melakukan satu gerakan dalam waktu 20 detik. Kemudian, anda beristirahat selama 10 detik diikuti dengan gerakan yang sama pada 20 detik berikutnya tanpa jeda. Ulangi latihan ini dalam 8 kali pengulangan untuk menyelesaikan interval pertama. Selanjutnya anda dapat memulai interval kedua dengan gerakan yang berbeda.

Beberapa gerakan yang dapat anda lakukan untuk latihan ini adalah push-up, sit-up, crunches, jumping-jacks, lompat tali, dan lain-lain bergantung kemampuan dan minat anda.

Di akhir latihan, anda disarankan untuk melakukan gerakan pendinginan sama halnya dengan olah raga atau jenis latihan yang lain.

Manfaat Latihan Tabata

Seperti yang telah dibahas, manfaat latihan Tabata yang paling utama adalah untuk membakar lemak dalam tubuh sehingga keinginan anda untuk menurunkan berat badan dan menjaga bentuk tubuh akan tercapai secara efektif dan optimal.

Yang perlu anda ingat, ketika anda ingin mencoba latihan ini untuk pertama kalinya, anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter atau profesional untuk mengetahui kondisi kesehatan anda sehingga anda benar-benar siap untuk memulai latihan Tabata ini. Anda tidak perlu memaksakan diri untuk langsung mengambil porsi latihan secara utuh di awal untuk menghindari sesuatu yang buruk. Selain itu, anda perlu memperhatikan asupan gizi dari menu diet anda untuk mengimbangi porsi latihan yang tergolong sangat intens. Selamat mencoba.


loading...

You Might Also Like

One comment

  1. 1

    Latihan tabata keren…. lemakq langsung terbakar…badanq berkringat deras lantai kamarq banjir….hahaha…. badanq terasa ringan dan sehat..tapi perlu diperhatikan bagi yg lemah jantung ato gangguan kesehatan lain harus konsultasikan kedokter dluu…agar tdk trjadi hal buruk… =D

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>