INFOMANFAAT.COM

Manfaat Probiotik bagi Tubuh Manusia

infomanfaat.com – Anda tentu mengenal istilah probiotik terutama pada iklan produk makanan, minuman, ataupun produk untuk balita dan anak, seperti susu formula yang seringkali tampil di layar kaca. Pada umumnya, probiotik dapat kita temukan pada produk makanan atau minuman, misalnya makanan atau minuman yang dihasilkan dari proses fermentasi, seperti yogurt. Probiotik sendiri sering disebut juga sebagai bakteri baik yang memiliki beragam manfaat bagi tubuh kita terutama berhubungan dengan kesehatan usus. Mikroorganisme ini berperan penting dalam mengatur keseimbangan antara bakteri baik dan jahat yang ada di dalam saluran pencernaan manusia. Perlu anda ketahui bahwa pada saluran pencernaan yang kita miliki terdapat ratusan spesies mikroorgansime yang berbeda, baik itu yang bermanfaat maupun yang merugikan. Hal inilah yang menjadi salah satu fungsi dari probiotik terkait dengan keseimbangan mikrooganisme tersebut.

Probiotik dipercaya memiliki manfaat yang penting bagi tubuh kita. Nah, berikut beberapa manfaat probiotik yang dapat anda jadikan rujukan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung bakteri baik ini.

Membantu Fungsi Pencernaan

Satu manfaat probiotik yang paling penting adalah mengatasi masalah pencernaan. Probiotik yang memiliki peranan untuk menyeimbangkan populasi bakteri baik dan jahat dalam sistem pencernaan. Dalam hal ini, probiotik akan membantu anda dalam mencerna makanan sehingga proses penyerapan nutrisi di dalam usus akan berjalan dengan baik dan efisien. Hal ini dapat membantu anda dalam menghindari beberapa masalah pencernaan seperti sembelit dan perut kembung. Bahkan, manfaat probiotik yang satu ini dipercaya dapat membantu anda terhindar dari penyakit seperti diare.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Probiotik dipercaya memiliki peran aktif dalam membatu tubuh untuk memerangi bakteri patogen atau bakteri jahat yang hidup di dalam tubuh. Walaupun penelitian terkait manfaat probiotik yang satu ini perlu dilakukan lebih jauh lagi, beberapa penelitian menunjukkan adanya keterkaitan antara kekebalan tubuh dengan konsumsi makanan yang mengandung probiotik. Contohnya, penelitian yang dilakukan di Bulgaria dengan subjek para petani yang mengkonsumsi makanan yang mengandung bakteri asam laktat. Dalam penelitian tersebut, diketahui bahwa para petani di sana rata-rata memiliki umur panjang.

Manfaat Probiotik

sumber: lwtinternational.com

Selain itu, penelitian terkait imunitas bayi yang didapatkan sejak lahir juga merupakan bukti manfaat ini. Bayi menapatkan probiotik dari sang ibu di dalam kandungan dan juga dari ASI. Berkembangnya koloni probiotik pada bayi terbukti positif dalam meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas pada bayi. Sebagai perbandingan, bayi yang tidak mendapatkan ASI secara eksklusif biasanya, walau tidak selalu, lebih mudah terserang penyakit.

Mengatasi Masalah Mulut

Satu penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Barcelona, Spanyol, menyebutkan bahwa probiotik memiliki fungsi penting untuk mengatasi masalah mulut. Beberapa masalah mulut seperti radang gusi, gigi berlubang dan bau mulut ternyata dapat diatasi dengan mengkonsumsi probiotik. Data dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa subjek yang mengkonsumsi probiotik dalam waktu 7 bulan menunjukkan penurunan resiko gigi berlubang yang cukup signifikan. Selain itu, masalah radang gusi juga dapat diatasi dengan cukup efektif.

Dari beberapa manfaat probiotik yang telah disebutkan di atas, perlu anda ingat bahwa tidak semua orang dapat mengkonsumsi probiotik karena alergi terhadap probiotik tertentu seperti lactobacillus. Jika demikian, maka orang tersebut disarankan untuk menghidari konsumsi makanan yang mengandung lactobacillus. Selain itu, konsumsi probiotik bukanlah merupakan asupan utama yang diperlukan oleh tubuh. Oleh karenanya, mengkonsumsi produk ber-probiotik seperti yogurt sebaiknya tidak berlebihan. Jika perlu, anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter agar usaha anda dalam mendapatkan manfaat probiotik benar-benar membuahkan hasil.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>