Manfaat Mengonsumsi Makanan Bebas Gula

Manfaat Mengonsumsi Makanan Bebas Gula
sumber: itchylittleworld

infomanfaat.com – Kita tentu sepakat bahwa makanan merupakan satu faktor penting yang berpengaruh terhadap kesehatan. Tidak dapat dipungkiri bahwa makanan yang kita konsumsi dapat memberikan kebaikan terhadap tubuh jika kita dapat mengatur pola makan dan jumlah asupan gizi yang tepat sesuai dengan kebutuhan kita sehari-hari. Sebaliknya, jika kita memiliki pola makan yang tidak sehat ditambah dengan tidak seimbangnya asupan gizi yang kita konsumsi, dampaknya akan menjadi buruk terhadap kesehatan tubuh kita. Tidak jarang makanan menjadi penyebab beberapa penyakit baik itu yang bersifat ringan maupun yang serius dengan potensi kematian. Beberapa contoh dari penyakit serius yang disebabkan oleh tidak sehatnya pola makan dan makanan yang kita konsumsi adalah diabetes, serangan jantung, tekanan darah tinggi, stroke dan masih banyak lagi.

Selain terkait dengan masalah kesehatan, pola makan dan asupan nutrisi yang kita konsumsi juga memiliki kontribusi terhadap penampilan kita, terutama bentuk tubuh. Jika kita ingin memiliki tubuh yang ideal, kita dapat memperolehnya dengan mengatur pola makan dan takaran gizi yang kita butuhkan. Jika tidak, kita tentu akan mendapati tubuh kita tidak lagi terlihat indah untuk dipandang. Inilah alasan mengapa banyak dari kita yang sangat memperhatikan pola makan dengan cara melakukan program diet. Salah satu program diet yang tengah populer adalah diet bebas gula. Apakah manfaat diet bebas gula ini?

Mengontrol Kadar Gula Darah

Salah satu manfaat diet bebas gula yang paling penting adalah sebagai upaya untuk mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Dengan kontrol tersebut, resiko penyakit yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi seperti diabetes dapat dicegah sedini mungkin. Seperti yang anda ketahui, diabetes merupakan salah satu penyakit dengan resiko kematian yang paling tinggi di dunia. Selain itu, kadar gula yang tidak terkontrol juga memiliki resiko penyakit lain seperti masalah penglihatan.

Mengoptimalkan Usaha Mengurangi Berat Badan

Memiliki tubuh dengan berat badan berlebih sebenarnya merupakan satu masalah kesehatan yang tidak dapat dipisahkan dari kemungkinan hadirnya penyakit. Namun, hal ini mungkin tidak lebih penting ketimbang masalah penampilan. Nah, dengan membatasi konsumsi gula, kita dapat mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian, penumpukan lemak yang tidak kita perlukan dapat diminimalisir secara optimal. Inilah mengapa diet tanpa gula banyak dilakukan saat ini. Selain itu, diet tanpa gula juga merupakan metode diet ampuh untuk membentuk otot tubuh.

Menghindari Masalah Mulut

Manfaat diet bebas gula yang lain adalah menghindari masalah mulut terutama gigi berlubang. Makanan dengan kandungan gula yang tinggi berakibat pada rusaknya email gigi. Jika makanan yang kita konsumsi memiliki kadar gula yang rendah, resiko ini dapat dihindari.

Menjaga Memori dan Konsentrasi

Penelitian membuktikan bahwa ternyata gula berkontribusi terhadap kemampuan memori seseorang serta ketidakmampuan dalam berkonsentrasi. Tentunya hal tersebut sangat merugikan Anda yang memiliki aktivitas tinggi. Pengaruh negatif itu juga menuntun pada mudahnya seseorang untuk berpikiran negatif, serta mudah gugup dalam situasi-situasi tertentu.

Yang perlu kita perhatikan ketika kita memutuskan untuk melakukan diet bebas gula adalah ketelitian kita dalam memilih produk yang ada di pasaran. Banyak produk yang diklaim tidak mengandung gula seperti minuman bersoda atau cola. Akan tetapi, produk tersebut bisa jadi mengandung pemanis buatan yang justru dapat memicu datangnya penyakit lain seperti serangan jantung. Selain itu, mengurangi kandungan gula secara total dari semua makanan atau minuman yang kita konsumsi sebenarnya bukanlah ide yang baik. Tubuh kita masih memerlukan gula tentu dengan kadar yang ideal. Oleh karena itu, pembatasan konsumsi gula merupakan ide yang lebih baik dibandingkan menghilangkan gula sama sekali.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>