INFOMANFAAT.COM

Manfaat Push Up untuk Penampilan dan Kesehatan

infomanfaat.com – Bentuk tubuh yang ideal merupakan impian dari sebagian besar orang di dunia. Dengan bentuk tubuh yang ideal, kita dapat berinteraksi dengan orang-orang disekitar dengan lebih percaya diri. Bukan tidak mungkin bahwa bentuk tubuh yang ideal juga merupakan syarat bagi sebagian orang untuk mendapatkan karir yang diinginkan. Sebut saja model, pramugari, peragawan dan peragawati, dan bahkan beberapa profesi kantoran juga mensyaratkan hal yang sama terkait penampilan. Oleh karana itu, upaya yang kita lakukan untuk membentuk badan agar terlihat indah tentu merupakan hal yang sangat penting.

Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Pola makan, pola istirahat dan olah raga adalah kunci utama untuk membentuk tubuh agar terlihat indah. Beberapa latihan juga terbukti efektif untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Diantara latihan yang banyak dilakukan adalah sit up dan push up. Jenis latihan yang berbeda tersebut tentu memiliki fokus yang berbeda pula. Artinya, untuk membentuk bagian tubuh tertentu, kita harus memilih jenis latihan yang paling tepat. Misalnya, untuk membentuk tubuh bagian atas, push up tentu merupakan latihan yang paling tepat. Nah, kali ini mari kita simak beberapa manfaat push up bagi tubuh kita.

Manfaat push up

Bermanfaat untuk Membentuk Tubuh Bagian Atas

Kita telah mengetahui bahwa fokus utama dari latihan push up adalah untuk membentuk tubuh bagian atas. Dalam hal ini, bagian tubuh seperti otot lengan bawah, lengan atas, bahu, dan otot dada akan terlihat lebih berisi dengan bentuk yang lebih ideal. Namun, bukan berarti bagian tubuh yang lain seperti otot perut tidak terbentuk sama sekali. Latihan push up juga terbukti mampu membantu kita dalam membakar timbunan lemak yang ada di sekitar perut. Artinya, dengan melakukan latihan ini, kita akan mendapatkan perut yang langsing. Selain itu, latihan ini juga dapat kita lakukan untuk membentuk otot-otot paha, betis, dan bokong. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika latihan ini merupakan satu dari sekian banyak latihan wajib bagi para atlet profesional misalnya pemain sepak bola.

Bermanfaat untuk Metabolisme Tubuh

Manfaat push up yang lain yang perlu kita ketahui adalah meningkatnya metabolisme tubuh kita. Dengan melakukan push up secara teratur, metabolisme tubuh akan menjadi lebih optimal. Hal ini dimungkinkan karena ketika kita melakukan latihan ini, hampir seluruh tubuh kita bergerak secara teratur. Hasilnya, detak jantung dan aliran darah akan meningkat. Dengan demikian, secara otomatis metabolisme tubuh akan mengalami peningkatan. Yang lebih penting adalah, latihan push up juga sangat efektif untuk membakar kalori sebagai bagian dari meningkatnya proses metabolisme tersebut.

Bermanfaat untuk Kesehatan Tulang

Selain bermanfaat untuk membakar kalori, push up juga baik untuk kesehatan tulang. Seperti yang kita ketahui, jika otot-otot yang ada di dalam tubuh kita kuat, maka kekuatan tulang secara otomatis akan ditopang oleh otot-otot tersebut. Dengan demikian, resiko penyakit yang berkaitan dengan tulang, misalnya osteoporosis, dapat dicegah lebih dini.

Selain manfaat yang telah dibahas di atas, masih banyak lagi manfaat yang akan kita dapatkan dengan latihan push up secara teratur. Misalnya, kita akan merasa lebih bugar, percaya diri, dan bersemangan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Yang perlu diingat, manfaat push up ini akan lebih optimal jika kita dapat menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat. Semoga informasi ini bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>