Manfaat Sit Up yang Penting Diketahui

Manfaat Sit Up
sumber: azcentral.com

infomanfaat.com – Selain pola makan yang baik dengan gizi yang seimbang, olah raga juga merupakan kunci dari kesehatan dan juga kebugaran tubuh. Tidak jarang, olah raga juga merupakan menu rutin bagi sebagian besar orang yang peduli akan penampilan terkait dengan bentuk tubuh yang indah. Banyak sekali jenis olah raga yang dapat kita lakukan dengan tujuan membentuk tubuh. Kita dapat melakukan jogging, push up, dan tentu saja sit up. Masing-masing jenis olah raga tersebut memiliki fokus yang berbeda. Artinya, masing-masing jenis memiliki tingkat keefektifan yang berbeda untuk bagian tubuh tertentu. Jika anda menginginkan untuk melakukan sit up, jelas sekali bahwa fokus dari latihan ini adalah untuk membakar lemak dan membentuk tubuh di sekitar perut dan pinggul. Apa saja manfaat sit up bagi tubuh kita? Mari kita bahas.

Membakar Lemak di Sekitar Bagian Perut

Anda tentu mengetahui bahwa jenis latihan ini sangat efektif untuk membakar lemak di sekitar perut. Dengan latihan sit up secara teratur, timbunan lemak di bagian perut dan pinggul akan secara efektif berkurang. Hal ini tentu merupakan kabar baik bagi anda yang merasa memiliki perut yang buncit. Hasilnya, perut anda akan terlihat rata bahkan anda dapat membentuknya menjadi ideal seperti para atlet profesional.

Mengencangkan Otot

Manfaat sit up selain membakar lemak di sekitar perut adalah mengencangkan otot-otot yang ada di area yang sama. Dengan melakukan latihan ini, otot perut anda akan menjadi kencang sehingga akan terlihat lebih atletis. Bukan hanya otot perut, manfaat sit up yang satu ini juga dapat mengencangkan otot pinggul, dada, dan juga b*k*ng. Hal ini dimungkinkan karena gerakan sit up yang anda lakukan.

Mencegah Osteoporosis

Manfaat sit up yang lain adalah mencegah datangnya masalah tulang yang kita kenal sebagai osteoporosis. Hal ini terbukti dari beberapa penelitian ilmiah yang dikakukan oleh para ahli. Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh Hormone Foundation. Dari hasil penelitian yang dilakukan, latihan sit up ternyata mampu memicu berkembangnya hormon testosteron. Hormon ini sendiri sangat terkait dengan masalah tulang tersebut. Dengan meningkatnya produksi hormon testosteron, resiko osteoporosis akan dapat dihindari lebih dini terutama bagi kaum pria.

Selain tiga manfaat utama di atas, masih banyak manfaat sit up yang lain yang dapat anda peroleh. Salah satunya, dengan melakukan latihan ini secara teratur, anda akan mendapatkan umur yang panjang. Hal ini disebutkan dalam beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan selama beberapa tahun terakhir. Tentu saja, ada faktor lain seperti pola makan, gaya hidup, dan juga pola istirahat anda sehari-hari yang berpengaruh terhadap kesehatan dan umur anda.

Yang perlu anda ingat jika anda berniat untuk melakukan latihan ini secara rutin, anda harus memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh anda. Pastikan makanan yang anda konsumsi benar-benar bergizi seimbang agar latihan anda akan menghasilkan hasil yang optimal. Selain itu, anda juga perlu mengenali beberapa variasi latihan yang berbeda. Dalam hal ini, anda dapat mempelajarinya melalui berbagai sumber. Jika tidak, anda perlu menghubungi orang yang benar-benar ahli dalam masalah ini, misalnya instruktur senam. Nikmati latihan ini dengan tidak memaksakan diri. Tujuannya adalah agar manfaat sit up yang anda lakukan akan bertahan selama yang anda inginkan. Selamat berlatih dan semoga hidup anda menjadi semakin sehat dan indah.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>