Manfaat Belut bagi Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Belut

infomanfaat.com – Tidak dapat dipungkiri bahwa makanan memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan. Dengan demikian, bertindak selektif dalam memilih makanan merupakan hal yang wajar, bahkan disarankan, jika kita benar-benar peduli akan kesehatan. Hal ini disebabkan karena beberapa jenis makanan dan minuman terbukti memiliki pengaruh buruk. Artinya, orang-orang dengan potensi penyakit tertentu biasanya memilih untuk tidak mengonsumsi jenis makanan tertentu yang dapat memperparah kondisi kesehatan. Sebut saja makanan berlemak yang terbukti buruk bagi orang dengan kadar kolesterol yang tinggi.

Jika Anda berpikir bahwa makanan yang lezat merupakan makanan yang cenderung buruk bagi kesehatan, Anda mungkin perlu mencoba satu jenis makanan yang memiliki rasa yang khas namun tidak memiliki resiko yang buruk bagi kesehatan. Selain itu, makanan ini juga mengandung banyak manfaat karena memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, walaupun sebagian orang menganggap makanan ini cukup menggelikan. Ya, makanan ini adalah belut.

Kandungan Gizi yang Terdapat pada Belut

Belut yang memiliki nama latin Monopterus albus merupakan hewan yang cukup banyak ditemukan di Indonesia. Habitat alami hewan ini adalah area persawahan. Bentuk badannya yang memanjang seperti ular dengan kulit berlendir memang membuat sebagian orang enggan mengonsumsinya karena perasaan geli atau bahkan jijik. Namun, di balik bentuknya yang cukup khas, belut sebenarnya memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan.

Manfaat Belut

Secara umum, belut memang memiliki kandungan gizi yang cukup mirip dengan jenis makanan lain yang tergolong ke dalam jenis ikan-ikanan. Kandungan gizi yang terkandung pada belut antara lain protein, Omega 3, Omega 6, kolesterol, kalori, magnesium, zat besi, folat, fosfor, seng, selenium, dan berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, C, E, B6, B12, dan lain sebagainya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa belut memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap dan sangat baik bagi tubuh kita.

Manfaat Belut

Penambah Stamina
Belut yang memiliki kalori yang cukup tinggi dipercaya bermanfaat untuk menambah stamina terutama terkait dengan vit*litas pria. Bahkan, kandungan kalori yang ada pada belut dipercaya lebih besar jika dibandingkan dengan kandungan kalori pada telor.

Baik bagi Pertumbuhan
Jika anda memiliki anak yang masih dalam masa pertumbuhan, anda disarankan untuk mulai mengolah belut sebagai makanan yang akan dikonsumsi buah hati anda. Belut kaya akan protein sehingga mampu menunjang pertumbuhan anak. Tentu saja makanan ini dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan untuk variasi hidangan di rumah.

Mencegah Anemia
Kandungan zat besi yang terdapat pada belut sangat baik sebagai bahan makanan untuk mencegah datangnya anemia. Artinya, dengan mengonsumsi daging belut, anda yang memiliki keluhan kesehatan berupa anemia dapat menjalani aktivitas dengan cukup prima.

Selain ketiga manfaat penting di atas, masih banyak manfaat belut yang lain yang perlu anda ketahui. Salah satu manfaatnya adalah sebagai bahan makanan yang dapat memperkuat tulang anda.

Setelah mengetahui beberapa manfaat belut yang sangat penting bagi kesehatan tubuh anda, anda tentu mulai berfikir untuk memanfaatkannya sebagai hidangan alternatif di rumah. Satu hal yang perlu anda ingat jika ada anggota keluarga anda yang merasa kurang suka dengan bentuk hewan ini, anda sebaiknya lebih kreatif dalam mengolahnya sehingga bentuk asli dari hewan ini. Silahkan mencari referensi menu masakan yang dapat dengan mudah anda dapatkan. Selamat mencoba dan tetap sehat!


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>