Manfaat Madu untuk Wajah: Aplikasi Masker Perawatan Wajah

Manfaat madu untuk wajah

Madu merupakan salah satu hasil dari kerja lebah yang dihasilkan dari pengolahan nektar bunga. Lebah madu dari genus Apis mempunyai berbagai hasil dari pengolahan nektar bunga, madu merupakan produk yang paling dikenal dan paling mudah untuk ditemui. Lebah mengolah nektar menjadi madu dan produk–produk lain melalui proses pencernaan yang unik. Madu merupakan cadangan makanan utama bagi lebah yang disimpan dalam kantong madu yang berasal dari lilin dan dibuat di dalam sarang lebah. Peternakan lebah pada dasarnya adalah proses merangsang lebah untuk menghasilkan lebih banyak madu agar sebagian dapat dipanen untuk dikonsumsi. Madu dipanen dengan mengambil kantong madu dari sebuah koloni lebah.

Madu mempunyai rasa yang manis, rasa manis dari madu berasal dari fruktosa dan juga glukosa yang dihasilkan dari proses pengolahan nektar bunga. Tingkat kemanisan madu hampir sama dengan tingkat kemanisan gula. Rasa manis serta tambahan rasa lain yang unik membuat madu seringkali dijadikan sebagai sumber rasa manis saat mengolah makanan. Selain sebagai sumber rasa manis dan bagian dari bahan makanan, madu juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan perawatan kecantikan. Salah satu manfaat madu untuk wajah adalah sebagai bahan masker perawatan. Kandungan nutrisi madu dipercaya dapat memperbaiki dan merawat kondisi kulit wajah hingga dapat tampil lebih menarik dan juga lebih sehat.

Manfaat madu untuk wajah

Menjadi bagian dan bahan dari masker perawatan merupakan salah satu manfaat madu untuk wajah. Hampir semua produk perawatan kulit juga diketahui mengandung madu sebagai salah satu bahannya. Selain itu, madu telah menjadi bagian dari perawatan kulit tradisional dari berbagai bangsa yang telah dipraktekkan selama ratusan tahun. Pada dasarnya, madu memiliki sifat menarik dan menjaga kelembaban di dalam kulit. Kulit yang terjaga kandungan air dan kelembabannya akan memperlihatkan sifat yang lembut dan elastis. Selain itu, madu juga dapat berperan sebagai agen anti oksidan yang juga memiliki peran penting dalam menjaga kulit dari kerusakan akibat sinar matahari yang mengandung sinar ultra violet yang dapat membakar kulit. Diketahui pula, warna madu yang semakin pekat atau gelap juga memiliki sifat anti oksidan yang lebih kuat disbanding madu yang memiliki warna yang terang.

Membuat masker buatan sendiri merupakan salah satu cara mengambil manfaat madu untuk wajah. Salah satu masker wajah sederhana yang dapat dibuat dengan bahan madu adalah sebagai berikut.

  • Ambil satu sendok makan madu dan masukkan ke dalam mangkuk.
  • Kemudian, tambahkan satu sendok makan minyak zaitun ke dalam madu.
  • Selanjutnya, tambahkan putih telur ke dalam adonan masker.
  • Madu dalam masker wajah dapat mengurangi bengkak akibat jerawat serta membunuh kuman yang berada di permukaan kulit. Minyak zaitun dapat menambah kelembaban serta membuat kulit lebih bercahaya. Sedangkan telur akan mengurangi minyak dan kotoran pada kulit serta mengurangi kilau akibat minyak pada wajah.
  • Kemudian tambahkan potongan mentimun pada adonan masker wajah yang telah dibuat.
  • Sebelum menggunakan masker pada wajah, basuh wajah dengan kain yang telah dibasahi dengan air hangat untuk membantu mebuka pori–pori kulit wajah.
  • Lalu gunakan masker pada wajah dan biarkan kurang lebih selama 20 menit.
  • Setelah 20 menit, masker dapat dibersihkan dengan air hangat.
  • Setelah seluruh masker telah dibersihkan dari wajah, basuh wajah dengan air dingin untuk menutup kembali pori–pori kulit wajah.

Demikian salah satu cara yang dapat Anda lakukan guna mengambil manfaat madu untuk wajah.

Semoga Bermanfaat….


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>